Halo minna-san, tidak terasa ya kalau tahun 2022 sudah mau berakhir. Kira-kira cara apa yang lebih baik untuk mengakhiri tahun selain mengikuti event. Hari Minggu tanggal 11 Desember 2022 yang lalu diadakan sebuah event yaitu Shiawase Festival bertemakan Blooming Happiness. Nah, apa saja sih yang ada di Shiawase Festival? Mari simak di artikel liputan ini!

Shiawase Festival adalah event yang bertujuan untuk menampung ketertarikan masyarakat di Indonesia terhadap kultur Jepang, seperti penggemar anime, cosplayer, J-poppers, dan lainnya. Jika diterjemahkan, kata “Shiawase” dalam bahasa Jepang mempunyai arti “Kesenangan”. Tema yang diambil oleh Shiawase Festival cukup sesuai dengan nama acaranya yaitu Blooming Happiness. Alasan agar para penggemar kebudayaan Jepang bisa menyebarkan kesenangan mereka selama berpartisipasi dan membuat kenangan dalam event ini.

Poster Shiawase Festival

Shiawase Festival diadakan di mal Green Pramuka Square. Pengunjung tidak perlu berpikir keras untuk harga tiket masuk Shiawase Festival, karena Shiawase bersifat gratis sehingga pengunjung juga bisa keluar dan masuk secara mudah. Walaupun lokasi utama acara berada di lantai LG mal, pengunjung dan cosplayer memenuhi seluruh pelosok mal. Pembukaan area acara untuk registrasi ulang dan booth dimulai pukul sebelas siang sedangkan pembukaan MC dilakukan pukul satu siang.

Kegiatan di Shiawase

Sebelum pembukaan acara dimulai, kami mempunyai kesempatan untuk mengelilingi venue acara di lantai LG serta memutari kawasan Green Pramuka Square. Dalam venue, pengunjung dapat menemukan sebanyak enam booth yang sudah diletakkan dengan rapi oleh panitia. Terdapat dua jenis booth yang bisa ditemukan. Pertama, adalah empat booth yang bekerjasama menjadi sponsor terletak disamping pintu masuk. Terakhir ada 2 booth biasa yang berada setelah empat booth sponsor. Pengunjung dapat menemukan merch-merch­ jejepangan, seperti keychain anime, poster, dan lainnya. Merch ini mempunyai kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau, supaya pengunjung tidak merasa sia-sia saat membelinya.

Peta Venue Shiawase Festival

Setelah melewati area booth, pengunjung akan menemukan event area dan main stage. Pengunjung bisa berinteraksi dengan pengunjung lain atau berinteraksi dengan cosplayer-cosplayer. Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan performance di main stage dari area kosong yang sudah disediakan panitia. Performance yang dimaksud adalah performance dari grup idol oleh Aurora Dream dan Voir yang menyanyikan lagu-lagu Jepang populer serta dance cover yang dilakukan grup IND48.Bukan hanya performers saja, para pengunjung juga ikut meramaikan performancesehingga bisa dipastikan acara itu sangat meriah dan seru sekali.

Event area nantinya akan diisi oleh red carpet dan meja juri untuk acara utama coswalk parade dan competition masing-masing pada pukul tiga dan empat sore. Red carpet dan main stage akan digunakan untuk melakukan Coswalk parade dan coswalk competition sampai jam 5 sore. Sembari menunggu hasil dari coswalk competition, pengunjung disajikan performance terakhir oleh band Hanoji dan Hidden Files.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, walaupun main stage berada di lantai LG, banyak cosplayer-cosplayer­ yang ramah dan baik yang bisa ditemukan disekeliling mal. Pengunjung bisa mengajak cosplayer untuk bercakap-cakap dan berfoto bersama. Kami juga sempat mewawancarai salah satu cosplayer disana yang mengenakan cosplay Raiden Shogun dari game Genshin Impact. Menurutnya, eventini sangat seru dan menjadi sebuah kesempatan untuk berkenalan dengan pengunjung atau sesama cosplayer lainnya. Selain itu, ada pula kegiatan yang bisa diikuti seperti membeli merch, meet and greet, Coswalk, dan lainnya.

Foto dengan Cosplayer Raiden Shogun

Terakhir, selain menikmati kegiatan yang ada di Shiawase, teman-teman tentu saja perlu memenuhi kebutuhan seperti minum dan konsumsi. Karena Shiawase berada di dalam mal Green Pramuka Square, teman-teman bisa mengunjungi toko-toko mal yang menjual makanan dan minuman. Dimulai dari toko-toko fast food yang menjual nasi, mie, udon, dan lainnya, sampai ke penjual snack-snack ringan maupun minuman bisa ditemukan.

Inilah beberapa pengalaman kami mengunjungi Shiawase Festival di mal Green Pramuka Square. Sebagai acara yang pertama kali baru diadakan, Shiawase Festival sudah dijalankan dengan baik oleh panitia yang terlibat. Walaupun ada kekurangan yang bisa ditemukan, hal ini tidak menghalangi kami dalam menikmati seluruh rangkaian event yang sudah disiapkan di Shiawase. Jika kalian menikmati liputan Shiawase Festival ini, jangan lupa untuk mengikuti terus Shiawase Festival untuk informasi-informasi event lanjutannya. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya!

Writer: Mizuki

Editor:  Tio

Sumber:

https://www.instagram.com/shiawasefestival/