[Liputan] Ikuti Keseruan Acara Slipi J-Fest

Hallo minna-san! Tidak terasa sebentar lagi 2022 akan berakhir. Bagaimana tahun ini, Apakah sesuai ekspektasi atau masih ada yang kurang nih? Tapi sebelum tahun ini berakhir, kalian harus tau dulu nih. Kemarin ada acara seru yaitu  Slipi J-Fest! Walaupun skala acaranya tidak sebesar yang lain, tapi gak kalah serunya! Penasaran kemarin ada apa saja? Yuk simak artikel ini!

Poster Slipi J-fest

Acara Slipi J-fest diadakan pada hari Sabtu, tanggal 17 Desember 2022 di Slipi Jaya Plaza, Jakarta Barat. Acara Slipi J-fest ini merupakan acara jejepangan yang mencakup musik Jepang anime dan juga cosplay. Untuk memeriahkan acara ini, Slipi J-fest mengundang beberapa bintang tamu istimewa yaitu, Rozen Girls yang merupakan grup idol asal Indonesia, mereka memiliki beberapa anggota, namun hanya tiga anggota saja yang turun dalam acara Slipi J-Fest kemarin, kemudian ada Violet yang akan bernyanyi solo. DIRA. R sebagai grup penyanyi, dan OVIC”EVOLT” sebagai juri coswalk competition. Acara Slipi J-fest ini juga bebas dari biaya masuk loh! Orang-orang dapat langsung datang dan ikut memeriahkan acara ini.

Selain menghadirkan bintang tamu yang keren, Slipi J-fest juga menyediakan beberapa booth yang menarik. Barang yang dijual pun beragam, mulai dari anime figure, stickers, keychain, boneka anime, hingga makanan. Semuanya tentu dengan harga yang terjangkau dong!

Booth

Rundown dari acara Slipi J-Fest dibagikan dan dapat kita lihat melalui social media Instagram dan Facebook. Slipi J-Fest dimulai pada pukul sepuluh untuk pendaftaran ulang peserta coswalk competition. Acara pembukaannya sendiri dilaksanakan pada pukul satu siang.

Rundown acara

Acara tersebut dimulai dengan quiz kecil berhadiah. MC memanggil beberapa pengunjung untuk melakukan interviewdan tanya jawab di mana jawaban yang benar diberikan berbagai merchandise yang menarik. Kemudian acara dilanjutkan dengan interview dari Oji Buta club yang merupakan komunitas bagi para penyuka anime maupun idol Jepang. Dilanjutkan dengan interview bersama Nippon Club yang merupakan salah satu UKM di BINUS University yang bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan Jepang. Kemudian untuk memeriahkan suasana, ada penampilan dari Violet yang menyanyikan lagu Indonesia maupun Jepang. Suasana pengunjung langsung menjadi semakin meriah. Para pengunjung bernyanyi bersama dengan meriah. Setelah itu puncak acara yang paling dinantikan, yaitu coswalk competition pun diadakan.

Interview Oji Buta, Nippon Club, dan penampilan Violet

Coswalk competition dibuka dengan penampilan coswalk dari juri yaitu OVIC”EVOLT” sebagai Kamen Rider Faiz, dengan menunjukan asik yang memukau. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan, serta pembacaan peraturan. Para peserta coswalk competition diberikan waktu satu menit untuk untuk melakukan perform cosplay mereka kepada juri dan para penonton. Dalam coswalkini terdapat lima kategori pemenang yaitu:

· Best anime.

· Best tokusatsu

· Best female.

· Best game.

· Judge favorite.

Seluruh penampilan coswalk dari para cosplayertentunya sangat menarik dan keren! Ditambah lagi ada dua cosplayer cilik yang mencuri hati juri dan penonton sebagai Anya Forger dan Arale Norimaki. Coswalk competition dibagi menjadi tujuh sesi, di mana setiap sesinya  terdapat lima orang cosplayer yang akan melakukan perform. Setiap sesi diselingi oleh komentar dari juri kepada para kontestan. Pertunjukan coswalk competition berlangsung selama kurang lebih satu jam. Setelah itu diadakan istirahat agar juri dapat memilih pemenang.

Coswalk competition

Agar waktu istirahat tidak membuat suasana acara menjadi membosankan, ada penampilan dari DIRA. R yang kali ini membawakan lagu-lagu J-pop dan anime. Sambil menunggu juri menentukan pemenang, para pengunjung bernyanyi bersama dengan DIRA. R. Para pengunjung berkumpul di panggung dan bernyanyi dan bahkan menari bersama! Setelah penampilan dari DIRA. R selesai, juri pun kembali ke panggung untuk mengumumkan pemenang dan memberikan sertifikat dan hadiah.

Penampilan DIRA. R

Terdapat satu pemenang pada setiap kategorinya. Pemenang dari kategori Best Anime adalah Black Beard dari seriall One Piece dengan pertunjukan yang sangat menghayati karakternya! Untuk kategori best tokusatsu, dimenangkan oleh Kamen Rider Tycoon. Dalam kategori best female pemenangnya adalah Lesley dari Mobile Legends. Bagi kategori best game dimenangkan oleh Jinx dari serial Arcane. Sepertinya juri kali ini menyukai karakter MOBA ya. Kategori terakhir yaitu kategori judge favorite dimenangkan oleh cosplayer cilik Anya Forger. CosplayerAnya yang ini memang kelewatan lucunya! Setelah pengumuman pemenang, event coswalk diakhiri dengan para peserta melakukan foto bersama dengan juri.

Pemenang coswalk competition

Namun acara Slipi J-Fest tidak berakhir sampai disitu saja, masih ada closing performance dari Rozen Girls. Mereka membawakan dance performancedan juga pertunjukan cover lagu anime. Saking serunya sampai para pengunjung ikut bernyanyi dengan mic bersama Rozen Girls! Setelah pertunjukan selesai, Rozen Girls menghampiri pengunjung dan melakukan sesi foto bersama sebagai penutupan acara Slipi J-fest. Setelah acara penutup pada pukul tujuh malam, event Slipi J-Fest pun resmi selesai.

Penampilan Rozen Girls

Secara keseluruhan acara Slipi J-Fest ini cukup seru dan meriah untuk diikuti. Walau acara ini dilaksanakan di tempat yang tidak terlalu besar, namun acara ini dapat berjalan dengan cukup baik. Selain seru acara ini pun berjalan dengan cukup kondusif, di mana para pengunjung mengikuti serangkaian acara yang ada dengan tertib. Tentu ini semua tidak lepas dari peran panitia yang terlibat dalam acara ini

Mungkin ini beberapa pengalaman yang saya rasakan dari acara Slipi J-Fest. Ayo jangan ketinggalan menikmati acara-acara ini di kesempatan lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Writer: Wen

Editor: Yoda, Tio

Sumber: https://www.instagram.com/p/CmNoZXoBdpr/