Halo Minna! Terima kasih karena masih setia mengikuti seminar online workshop PRESS START “Creating Your Pixel Art Character Animation” Binus Game Development Club 2022 Day 3. Hari ketiga sekaligus hari terakhir seminar ini diadakan pada 18 Desember 2022 di platform Discord dan Zoom pada pukul 13.00-15.00 WIB. Masih dibawakan oleh Kak Dio Mahesa dengan tema yang sama yaitu “2D Pixel Art Character Animation”. Topik pada hari terakhir adalah perkenalan kepada Action Animation.

Berikut adalah rundown kegiatan acara seminar workshop hari terakhir:

Di hari terakhir seminar workshop Press Start, Kak Dio menerangkan secara teori dan praktik mengenai Action Animation. Ia mengatakan bahwa akan sangat menyenangkan jika sang animator memiliki action figure atau menggunakan anggota tubuh untuk memperagakan pose-pose terlebih dahulu sebelum difoto lalu dianimasikan. Dengan adanya action figure, seorang animator dapat menggali dan mendalami pose dengan lebih baik serta dapat memberikan inspirasi baru. Dengan menggunakan pose anggota tubuh, baik anggota tubuhnya sendiri ataupun anggota tubuh orang lain, sebagai sarana berpose, maka dapat memberikan gambaran yang lebih baik mengenai cara membuat pose aksi atau tindakan. Jika ingin membuat animasi aksi, tentu saja akan lebih mudah jika diperagakan dulu dalam dunia nyata.

Selain itu, Kak Dio juga mengatakan bahwa pose kunci atau key pose itu sangat penting dalam pembuatan Action Animation. Key pose harus ditentukan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke tahap yang lebih lanjut. Key pose dapat berupa awal pose, puncak pose, dan juga akhir pose. Dengan adanya key pose, akan mempermudah animator untuk membuat animasi gerakan lainnya.

Dalam praktiknya, Kak Dio menggunakan contoh animasi karakter yang sedang beraksi menggunakan pedang. Ia menggambar karakter tersebut live dengan mengatur key pose terlebih dahulu. Praktik ini dilakukannya sembari menjelaskan secara teori mengenai action animation, tentang apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan dan penyempurnaannya. Action Animation termasuk sebagai salah satu topik yang banyak menarik minat orang-orang. Karena pembuatannya yang seru dan menarik, membuat para peserta seminar memperhatikan dengan saksama penjelasan dari Kak Dio. Selain itu, di bagian sesi QnA, para peserta terlihat mengutarakan banyak pertanyaan terkait action animationyang baru saja dijelaskan dan dipraktikkan oleh Kak Dio.

Sekian artikel yang merekap acara seminar online workshop PRESS START “Creating Your Pixel Art Character Animation” dari Day 1 sampai Day 3. Semoga teman-teman yang tidak berkesempatan untuk hadir di acara seminar ini boleh mendapatkan sedikit informasi atau pengetahuan mengenai animasi karakter. Semoga kedepannya, teman-teman yang juga tertarik dengan animation atau game development boleh ikut menghadiri dan meramaikan acara-acara yang diadakan oleh Binus Game Development Club (BGDC). Sampai ketemu di lain kesempatan, otsuu!

Writer: CoCo

Editor: Tio