Konnichiwa, mina-san! Ketemu lagi, nih, bersama kami dalam artikel Nippon Club. Belum lama ini, JO1, sebuah boygroup asal Jepang, menjadi viral dikarenakan music video (MV) mereka yang berjudul “Supercali” yang dirilis pada tanggal 12 Oktober 2022 lalu. Wah, pasti pada penasaran nih! Yuk, langsung saja kita simak profilnya sama-sama!

JO1 (ジェイオーワン/ Jeiōwan) merupakan sebuah J-Pop group yang terbentuk dari sebuah kompetisi audisi idola Jepang, Produce 101 Japan pada 11 Desember 2019 silam. Boygroup ini berada di bawah naungan Lapone Entertainment dan memiliki sebelas anggota, yaitu Yonashiro Sho, Kawashiri Ren, Shiroiwa Ruki, Kono Junki, Sato Keigo, Kawanishi Takumi, Kimata Syoya, Ohira Shosei, Kinjo Sukai, Tsurubo Shion, dan Mamehara Issei. Nama JO1 sebenarnya berasal dari huruf “J” yang mewakili Jepang sebagai negara dari boygroup ini, dan angka “01” yang merepresentasikan tahun pertama dari penayangan Produce 101 Japan, ketika grup ini terbentuk. JO1 memiliki nama fandom yang unik, yaitu JAM, yang merupakan singkatan dari “JO1 and Me”.

JO1 memulai debut-nya pada tanggal 4 Maret 2020 dengan single mereka yang berjudul “Protostar”. Single tersebut sukses terjual sekitar 320.000 kopi pada minggu pertama perilisan dan sempat diputar di stasiun radio “STEP ONE: J-Wave” untuk pertama kalinya pada 5 Februari 2020. Lalu, karya mereka dilanjutkan dengan sebuah title track berjudul “Infinity” yang berhasil meraih posisi teratas pada ajang “Billboard Japan Hot 100”. Beberapa single mereka yang lain di antaranya adalah “Freedom”, “Icarus”, “We Alright”, “Dreaming Night” yang dirilis pada tahun 2021, “Phobia”, “16”, “Born To Be Wild”, “Supercali” yang dirilis pada tahun 2022, serta dua single terbaru yang dirilis pada 2023 ini, yaitu “We Good” dan “Romance”. Lagu “Supercali” sempat menarik perhatian publik karena konsepnya yang unik karena terdapat kata supercalifragilisticexpialidociouspada liriknya. Suatu kata yang panjang yang jika diartikan memiliki makna “mengimbangi diri yang berpendidikan melalui kecantikan yang lembut”. Wah, menarik banget, kan, mina-san?!

Selain lagu “Infinity” yang mendapat posisi teratas pada ajang “Billboard Japan Hot 100” pada tahun 2020, ada berbagai penghargaan lain yang telah diraih oleh boygroup ini, antara lain “Rising Star Awards” pada ajang “MTV VMAJ 2020”, “Best New Asian Artist” pada ajang “Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020”, “Best Dance Video Award” di “MTV VMAJ 2021”, “Best Live Performance” pada “MTV VMAJ 2022”, dan “Favorite Asian Artist” pada ajang “MAMA 2022”. Pada tanggal 11 Desember 2022, dalam rangka tiga tahun dibentuknya JO1, ditayangkan film dokumenter pertama dari grup ini yang berjudul “JO1 THE MOVIE -Go To The Top-” di bioskop yang berlokasi di beberapa negara di luar Jepang, yaitu Indonesia, Thailand, Prancis, dan Amerika. Penayangan film ini dilengkapi dengan acara screening event-nya.

Mina-san, begitulah profil singkat mengenai boygroup JO1, semoga menginspirasi dan memberikan manfaat, ya! Bagaimana, apakah mina-san tertarik untuk mendengarkan lagu-lagu JO1 atau bahkan menjadi seorang JAM?

Sumber:

MV SuperCali dari Boyband Jepang JO1 Curi Perhatian, Sudah Lihat?

Youtube

Fakta-Fakta JO1, Grup Pemenang 'Produce 101' Jepang yang Makin Beken

New Boy Band JO1’s Debut Single, ‘Infinity,’ Rules Japan Hot 100

JO1's documentary film to receive special screening in Japan and 4 countries

Author: Trashynut

Editor: Tio