Halo, Minna-san! Ogenki desuka? Semoga selalu baik yaa! Artikel kali ini akan membahas mengenai event jejepangan yang sangat populer di kalangan para pecinta budaya Jepang terutama anak muda. Apakah itu? Ya, benar, event cosplay. Event cosplay yang berjudul Cosplaytopia ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan wadah apresiasi dan motivasi bagi para pelaku dan pecinta budaya pop culture, yang tidak hanya bersifat menghibur tetapi juga dimaksudkan agar dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam berkarya dan berekspresi.

Event ini ditargetkan kepada para kaum pelajar atau anak muda, penikmat pop culture, komunitas cosplay, dan pengunjung umum. Target pengunjung yang ingin dicapai oleh penyelenggara event, PT. Rancang Cipta Promosindo, adalah 300 orang dari seluruh kalangan usia. Event Cosplaytopia ini dilaksanakan pada Minggu, 26 Februari 2023 di Plaza Slipi Jaya tepatnya di lantai 4. Waktu pelaksanaan acara dimulai dari pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore. Berikut adalah rundown acara event Cosplaytopia:


Event dimulai pukul 10 pagi yang diawali dengan pembukaan booth pop bazaar. Setelah itu diadakan pembukaan acara oleh host Junita. Konten aktivitas yang pertama adalah Kids Fun Coloring Session yang menargetkan anak usia TK sampai SD kelas 1. Acara Fun Coloring Session ini ditutup dengan pengumuman pemenang dan performa dari TK Yasporbi. Juara 1, 2, dan 3 dari tiap kategori mendapat trophy, merchandise, dan sertifikat.

Kemudian diadakan Community Talk dengan Ojibuta Community dan Astranime yang dibawakan oleh host Junita. Acara dilanjutkan dengan performa dari grup idol Rozen Girls yang membawakan beberapa lagu opening dan ending dari anime-anime terkenal, seperti “One Piece”, “Inuyasha”, dan “Bleach”.


Sebelum masuk ke inti acara event, host Junita berbincang-bincang singkat dengan juri Cosplay Walk Competition yaitu Ayarei, yang akan menilai dan mengomentari performa dari para peserta cosplay. Dalam sesi bincang-bincang singkat ini, Ayarei menyebutkan dua kategori penting yang akan dinilai dalam Cosplay Walk Competition yaitu performa dan kostum. Setelah sesi bincang singkat ini berakhir, host Junita mengumumkan kepada para peserta untuk segera berkumpul di bagian kiri mini stage agar kompetisi cosplay yang paling dinanti-nantikan dapat segera dimulai.

Cosplay Walk Competition bersifat individu dengan biaya pendaftaran gratis. Tata cara para peserta masuk dimulai dari bagian kiri kemudian berjalan ke arah tengah di depan mini stage berada, kemudian melakukan pose dan performa yang sudah disiapkan masing-masing. Peserta akan masuk diiringi dengan background music (BGM) yang sudah disediakan panitia dan durasi performa maksimal 1 menit. Kategori kostum yang dapat digunakan adalah Anime, Game, Tokusatsu, US Heroes, dan Local Heroes. Adapun beberapa ketentuan yang harus diikuti oleh para peserta yaitu dilarang membawa atau memakai properti yang tajam dan berbahaya. Selain itu, kostum yang dikenakan dan properti yang digunakan tidak boleh mengandung unsur SARA, politik, dan pornografi.


Di penghujung acara, ada performa Anisong atau lagu-lagu anime dari Dira Music M Corner yang membawakan lagu-lagu bernada tinggi dengan vokal yang kuat, seperti “Gurenge”, “Crossing Field”, dan “Homura”oleh LiSA, ataupun dengan vokal yang halus, seperti “Orange” oleh 7!!. Pada puncak acara, host Junita mengumumkan pemenang dari Coswalk Competition. Pemenang Cosplay Walk Competition dibagi menjadi 5 kategori yaitu Best Anime, Best Game, Best Tokusatsu, Best US Heroes, dan Best Costume. Masing-masing kategori tersebut akan mendapat hadiah berupa uang tunai dan sertifikat.


Selain acara-acara yang sudah disebutkan, event juga menyediakan Pop Bazaar yang menjual berbagai jenis merchandise anime, seperti keychain, pin, sticker, poster, action figure, die cast toy, clothing FnB siap saji, dan beberapa booth makanan dan minuman. Para pengunjung dan peserta kompetisi dapat mengunjungi dan menikmati booth-booth yang ada sepanjang acara berlangsung.

Sekian artikel yang merekap event Cosplaytopia Plaza Slipi Jaya. Semoga teman-teman yang tidak berkesempatan untuk hadir di event ini boleh mendapatkan sedikit informasi atau gambaran mengenai aktivitas dan acara yang diadakan oleh event Cosplaytopia. Semoga kedepannya, teman-teman yang juga tertarik dengan budaya pop culture dan cosplay boleh ikut menghadiri dan meramaikan acara-acara yang diadakan oleh para penyelenggara-penyelenggara event cosplay. Sampai ketemu di lain kesempatan. Otsuu!

Writer: CoCo

Editor: Trashynut