Halo, mina-san! Tahun ini, Comic Frontier kembali lagi lho! Meskipun acara ini sempat menuai berbagai kritik atas manajemen dan pelaksanaannya pada tahun lalu, kreator dan penggemar dari pop kultur dan karya kreatif independen di Indonesia bisa kembali bertemu di Comic Frontier 16 (Comifuro 16)  pada tanggal 6-7 Mei 2023, meski awalnya dijadwalkan pada tanggal 11-12 Maret 2023 sebelum diundur, dan masih bertempat di Indonesia Convention & Exhibition (ICE) BSD, tepatnya di Hall 8, 9, dan 10, jauh lebih luas dari Comifuro sebelumnya.

Selama Comifuro berlangsung, para pengunjung bisa menelusuri berbagai karya dan produk kreatif dari ratusan kreator. Comifuro menyediakan tempat bagi para kreator, khususnya kreator Indonesia, untuk menunjukkan karya-karya mereka di area market Comifuro. Jenis karya dan produk yang hadir pun beragam, mulai dari merchandise biasa, seperti gantungan kunci atau pin, hingga barang-barang mainstream, seperti game ataupun novel. Bagi kalian yang penasaran mengenai karya apa saja yang akan hadir di Comifuro 16 ini, kalian bisa melihat online catalog yang telah disediakan oleh Comifuro di situsnya.

Selain itu, Comifuro juga menyediakan panggung utama untuk diadakan berbagai sesi acara bagi pengunjung. Akan diadakan dua sesi Panel Discussion setiap harinya selama Comifuro berlangsung yang akan membahas berbagai topik yang menarik mengenai pop kultur. Pada Panel Discussionini, pengunjung bisa mendengar dan berdiskusi dengan masing-masing pembawa panel.

Tak hanya itu, Comifuro juga menyediakan sesi acara lain di panggung utama. Di Comifuro 16 ini, akan ada penampilan dari berbagai VTubers, penyanyi, dan band yang akan seru-seruan dengan para pengunjung.

Seperti pada Comifuro 15, kali ini, Comifuro juga mengadakan meet & greet dengan beberapa VTubers dari hololive Indonesia: Pavolia Reine, Ayunda Risu, Kureiji Ollie, dan Kobo Kanaeru. Tiket meet & greettersebut dihargai sebesar Rp450.000 dan hanya bisa didapat dengan sistem raffle saja.

Untuk kalian yang tertarik untuk mengikuti Comifuro 16, kalian bisa membeli tiket terlebih dahulu secara onlinemelalui platform KiosTix seharga Rp65.000 untuk tiket satu hari dan Rp115.000 untuk paket bundle atau langsung secara on-the-spotdi ICE nantinya. Harga tiket on-the-spottentunya akan lebih murah dibandingkan dengan tiket presale.

Jangan lewatkan keseruan Comifuro 16 pada tanggal 6 sampai 7 Mei 2023 nanti ya! Kalian bisa terus mengikuti informasi mengenai Comifuro 16 melalui akun sosial media resmi Comifuro yang ada di Twitter, Instagram, Facebook, dan Discord. Sampai jumpa di Comifuro!

Writer: Riri

Editor: Tio

Source: Comifuro