Halo mina-san! Setelah Hari Raya Lebaran yang sangat dinanti, kita juga memiliki outlettambahan untuk melepas segala penat sembari merayakan kegemaran kita pada budaya Jepang dalam Comic Frontier (Comifuro) 16. Konvensi yang diselenggarakan dari 6 sampai 7 Mei ini mengundang semua kalangan dan fandom(kelompok penggemar) anime untuk ikut dalam selebrasi beragam kebudayaan populer jepang melalui kegiatan music performance, guest panel, talkshow, dan khususnya showcase serta penjualan art merchandise multifandom oleh berbagai brand & komunitas seniman lokal di Indonesia!

Hadir di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, di hall 8, 9 dan, 10. Comifuro 16 merupakan pagelaran terkini dari konvensi musiman yang diselenggarakan 2 kali setahun sebagai sarana ekspresi dan pertemuan kembali bagi berbagai kalangan jejepangan di Indonesia. Konvensi ini kini hadir dengan fasilitas dan rundownacara yang semakin ambisius untuk memenuhi demanddari rekor 25 ribu pengunjung yang ikut serta dalam acara tahun ini. Rundown acara ini pun juga diisi dengan berbagai kegiatan dan penampilan seputar budaya anime lokal yang kini semakin populer, dikarenakan penggemar budaya jejepangan yang meningkat selama pandemi. Mari simak keseruan Comifuro 16 pada Day 1 acara!

Highlight kegiatan mainstage pada hari pertama ini adalah panel diskusi dan update langsung oleh para illustrator Bumi Langit Comics, serta quiz dan giveaway hadiah merch yang diselenggarakan oleh para V-tuber dari agensi AKA Virtual. Kedua kegiatan tersebut menghadirkan penampilan spesial oleh para bintang tamu sebagai inspirasi, kreator, dan role model dalam lingkungan kebudayaan anime lokal, dan menghadirkan wawasan serta keseruan spesial tersendiri yang ikut membangun nilai dari Comic Frontier 16 bagi pengunjung.

Keseruan ini tentu dilanjutkan oleh roster penampilan musisi dan DJ yang membawakan cover maupun remix dari berbagai lagu anime, idol, dan Japanese pop(JPOP) untuk meningkatkan keceriaan suasana keseluruhan acara dan menemani para pengunjung dalam melakukan berbagai aktivitas di sepanjang hari! Tentu tidak hanya itu, pengelola Comifuro juga menghadirkan puluhan jajaran penyedia makanan dan minuman, baik yang ternama seperti Yoshinoya, Kopi Kenangan, dan Chatime, maupun pengelola makan jepang lokal lainya untuk menunjang konsumsi bagi para pengunjung.

Selain dari mengikuti rundown kegiatan yang berlangsung pada area panggung utama, Salah satu kegiatan utama Comifuro yang tidak boleh dilupakan adalah mengeksplorasi dan juga membeli merchandise di berbagai booth yang telah disediakan. Booth - booth tersebut dikelola oleh berbagai macam brand ternama, seniman lokal amatir atau profesional yang menyediakan berbagai macam merchandise seperti keychain, poster, figurin, sticker, pin, dan objek seni lainya.

Selain itu, eksplorasi konvensi juga dimeriahkan oleh para booth dengan kegiatan lainya seperti undian beruntung gacha, permainan tabletop kasual, dan bahkan maid cafe dengan pengajian ala pelayan rumahan bagi para pengunjung yang berpartisipasi sebagai “customer”.

Ditengah keramaian acara yang lebih padat dibandingkan event jejepangan lainnya secara umum, terdapat banyak juga pengunjung yang melakukan costume play / cosplay dari berbagai karakter seri anime dan media jepang yang sedang populer pada musim ini. Para cosplayer ini mendalami karakter yang diperankan sebagai bentuk partisipasi mereka dalam keseruan acara Day 1 Comifuro, dan mereka juga melakukan foto bersama dengan para pengunjung serta cosplayer lainya sebagai ekspresi antusiasme dalam mengikuti acara besar ini!

Writer: Nashi

Editor: Tio