Dari kemeriahan saat konser Kobo di stage sampai keseruan saat sesi DJ day 2 Comifuro tidak kalah serunya dengan hari sebelumnya. Bagi kalian yang tidak sempat datang atau ingin merasakan kembali keriangan pada hari kedua, yuk! Kita intip bersama segala yang terjadi di hari kedua.

Keramaian hari kedua tidak kalah dengan keramaian hari sebelumnya, orang-orang yang ingin masuk sudah dapat dilihat mengantre dari jam 6:00 WIB pagi, meskipun pintu utamanya dibuka pukul 9:30 WIB. Ketika pintu utama dibuka, para pengunjung langsung membanjiri venue bagai banjir bandang yang tak tertahan oleh bendungannya.  Akan tetapi, dengan venue yang lebih besar dan traffic control yang efisien, venue yang dibanjiri oleh pengunjung ini tidak terasa sesak.

Banyak pengunjung yang baru masuk langsung mengetahui apa yang mereka ingin lakukan. Mereka masuk dan langsung menuju booth tujuan bagaikan rudal yang sudah mengunci targetnya. Para pengunjung itu, biasanya telah merencanakan terlebih dahulu booth mana yang mereka ingin kunjungi atau sudah melakukan pre-order sebelumnya di booth tertentu.

Selain para pemburu merch, ada juga yang datang ke Comifuro untuk melihat oshi atau idola mereka tampil di panggung utama. Apalagi ­dengan line-up panggung utama yang tidak kalah menariknya dengan hari pertama, pasti banyak pengunjung yang datang hanya untuk melihat oshi-nya. Tapi, ada apa aja ya di panggung utama? Yuk, kita bahas!

Stage di hari kedua ini dimulai dengan sesi panel diskusi dengan topik “Membuka Mata untuk ‘Sakuga’.” dan “AI Art, Budaya Mencolong dan Masa Depan Artist.” Kedua panel memberikan pendalaman yang baik kepada topiknya masing-masing dan berhasil membawakan topik dengan cara yang menarik. Setelah panel diskusi selesai, ada talkshow dengan para developer game Kode Keras. Wah! ini cocok banget disimak bagi anda yang sebagai developer game sekaligus jomblo yang tidak peka, ya.

Pada stage utama hari kedua juga terdapat acara penyerahan hadiah lomba menggambar tingkat SMA bernama Illucon yang diadakan oleh OBKG Japanese Language School dan Osaka Sogo College of Design. Jika kalian adalah seorang entusias karya lukisan, kalian harus lihat karya pemenangnya. Pasti, kalian akan takjub. Selain penyerahan penghargaan, Illucon juga mengumumkan bahwa tahun ini juga akan diadakan lomba lagi. Ditambah lagi, untuk lomba yang akan diadakan di tahun 2023 mendatang ini, peserta tingkat mahasiswa juga bisa ikut. Jadi, kalian para kakak-kakak pelukis yang sedang kuliah juga bisa mendaftar dan menunjukkan bakat kalian!

Semakin sore, acara pada stage di hari kedua ini makin seru loh! Selanjutnya, kita ada Vtuber unyu dan konyol dari MAHA5. Di sini, anggota generasi terbaru mereka, Mero Merodi, Hera Garalea, dan Ririsu Mauveine melakukan berbagai kegaduhan dan kekonyolan bagaikan livestream biasa. Campur aduk personalitas mereka yang bagus, membuat penonton tertawa terbahak-bahak.

Selain Vtuber dari MAHA5, ada juga vtuber-vtuber dari Hololive loh! Ada dua panel yang diisi oleh vtuber dari Hololive. Panel pertama adalah dibawa oleh zombie wangy favorit kita, Kureiji Ollie dan tupai penyuka kacang, Ayunda Risu. Pada panel ini, penonton yang terpilih dapat mengajukan keluhan yang mereka punya kepada dokter Risu dan suster Ollie (Walaupun Ollie seorang zombie). Mayoritas keluhan yang didapat disebabkan oleh overdosis dari menghalu. Interaksi antara penggemar dan vtuber inilah yang membuat panel ini menyenangkan, karena biasanya vtuber hanya bisa berinteraksi dengan chat dari penonton tanpa melihat orang dibalik keyboard­-nya.

Panel selanjutnya, adalah acara yang paling ramai di stage hari kedua. Ya, bagaimana tidak ramai? Ketika ada bidadari dan bocah cilik yang akan menyanyi, Kobo Kanaeru dan Pavolia Reine. Pada konser ini, venue bagian booth sempat menjadi sepi karena para pengunjung yang pindah ke stage untuk melihat mereka berdua menyanyi dengan suara merdunya. Saat konser berlangsung, terdapat pengumuman keras bahwa tidak diperbolehkan untuk merekam dan memotret ketika konser berlangsung. Karena itulah, jika kalian ingin meyaksikan konser eksklusif seperti ini, pastikan datang ke Comifuro selanjutnya, ya!

Setelah konser Kobo dan Reine, penonton disambar lagi dengan performa musik lain. Kali ini adalah sebuah orkestra yang dibawakan oleh Little Harmony Orchestra, sebuah grup anime orkestra yang akhir-akhir ini makin terkenal di Indonesia. Setelah membawakan medley lagu anime yang sangat merdu dan menakjubkan, mereka mengumumkan konser mereka yang akan diadakan pada 25 Juni 2023 mendatang.

Nah, pada penghujung acara Comifuro 16 2023 ini, bagi kalian yang suka DJ, pasti kalian tidak mau ketinggalan DJ kali ini. Pada sesi DJ di hari kedua ini, kita kedatangan DJ dari Jepang, yakni DJ Mango-Man, DJ Eldora Model, dan DJ DAIZIN. Mereka membawakan remix lagu-lagu anime dan J-pop yang klasik dan terkenal. Performa mereka tidak bagus pada DJ saja, kemampuan mereka untuk membawa semangat pada para penonton membantu memeriahkan acara DJ ini.

Jadi bagaimana menurut kalian? Pasti tidak kalah seru kan hari kedua Comifuro dengan hari pertama. Bagi kalian yang tidak sempat datang ke hari kedua, jangan sampai ketinggalan hari kedua di Comifuro berikutnya ya! Jika kalian telah membaca sampai sini, terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Writer: 59ducks

Editor: Tio