Kualifikasi Piala Asia telah rampung sejak Juni 2022, meloloskan 6 tim masing-masing juara grup serta 5 runner up terbaik setiap grup. Perjalanan Timnas Indonesia tidak mudah untuk lolos ke Piala Asia. Rentetan hasil buruk pada kualifikasi Piala Dunia membuat Timnas Garuda harus melalui babak play-off dan babak kualifikasi. Babak play-off berhasil dilalui dengan mulus dan dua kemenangan di babak kualifikasi cukup untuk membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia Qatar 2023.

Hasil drawing Piala Asia 2023

Timnas Indonesia tergabung dalam pot 4 dalam pengundian grup untuk Piala Asia 2023. Adapun pembagian pot ini dibagi berdasarkan peringkat FIFA dan Indonesia berada di peringkat terendah pada pembaharuan peringkat FIFA terbaru. Hal ini membuat Indonesia mau tidak mau harus menghadapi tim kuat di fase grup. Hasil dari pengundian grup menunjukkan bahwa Timnas Indonesia tergabung dalam Grup D bersama Timnas Jepang, Irak, dan Vietnam. Namun, bagaimana rekor pertemuan Timnas Indonesia dan Jepang?

Sejarah mencatat bahwa Timnas Indonesia telah bertemu Tim berjuluk Samurai Biru sebanyak 15 kali dengan catatan 5 kali menang, 8 kali kalah, dan 2 kali seri. Pertemuan perdana Timnas Indonesia dengan Jepang adalah Asian Games 1954 dengan kemenangan Timnas Indonesia dengan skor 3-5 untuk Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia di Asian Games 1954

Ajang Merdeka Tournament menjadi saksi sejarah kemenangan sekaligus kekalahan terbesar Timnas Indonesia atas Timnas Jepang. Kemenangan terbesar Timnas Indonesia atas Timnas Jepang terjadi pada 11 Agustus 1968 dengan skor 7-0 untuk Timnas Indonesia. Sebaliknya, kekalahan terbesar atas Timnas Jepang terjadi delapan tahun setelahnya tepatnya pada 10 Agustus 1976 dengan skor 6-0 untuk Timnas Jepang.

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia dengan Timnas Jepang adalah pada babak Kualifikasi Piala Dunia 1990. Pada pertandingan yang digelar pada 11 Juni 1989 tersebut, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Tim Samurai Biru dengan skor telak 5-0. Setelah itu, Timnas Indonesia Senior sudah tidak pernah lagi bersua dengan skuad berjuluk Samurai Biru dalam pertandingan persahabatan maupun kejuaraan lainnya.

Timnas Jepang di Piala Dunia Qatar 2022

Namun, perlu diingat bahwa Timnas Jepang telah mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini terbukti melalui kualitas liga yang baik kemudian cukup banyak pemain Jepang yang berkarir di Eropa. Timnas Jepang sendiri sudah menjadi langganan Piala Dunia sejak 1998 dan beberapa kali mengejutkan dunia berkat penampilan apik mereka. Contohnya pada Piala Dunia Qatar 2022 dimana tim besutan Hajime Moriyasu secara mengejutkan mengalahkan tim unggulan Timnas Spanyol dan Timnas Jerman dan melangkah ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Harus diakui bahwa Timnas Jepang telah jauh berkembang dibanding Timnas Indonesia. Penampilan luar biasa Timnas Jepang membuat Jepang kini menduduki peringkat tertinggi FIFA untuk zona Asia, tepatnya peringkat ke-20 dunia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Jepang sangat diunggulkan untuk memenangkan Piala Asia edisi ke-18 ini.

Sementara bagi Timnas Garuda, ini merupakan penampilan ke-5 sejak tahun 2007 dimana Indonesia bersama Thailand, Vietnam, dan Malaysia berstatus sebagai tuan rumah untuk Piala Asia edisi ke-14. Lolosnya Timnas Indonesia ke babak akhir Piala Asia ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri sebab Indonesia sebelumnya selalu gagal pada babak kualifikasi dan sempat mendapat sanksi dari FIFA selama setahun.

Author : Eru

Editor  :59ducks

Sumber:

https://www.bola.net/tim_nasional/timnas-indonesia-masuk-grup-neraka-inilah-hasil-undian-piala-asia-2023-0c7eb1.html

https://www.11v11.com/teams/indonesia/tab/opposingTeams/opposition/Japan/

sumber gambar:

gambar cover https://www.bola.net/tim_nasional/timnas-indonesia-masuk-grup-neraka-inilah-hasil-undian-piala-asia-2023-0c7eb1.html