Hai teman-teman! Dunia permainan arkade atau arcade di Indonesia kembali dimeriahkan dengan kedatangan sebuah mesin permainan baru yang menarik dan menyenangkan. bagi kalian penggemar permainan musik atau rhythm, CHUNITHM hadir di Indonesia untuk pertama kalinya. Tanpa basa-basi, yuk kita bahas lebih dalam lagi di artikel ini.

CHUNITHM merupakan sebuah permainan arkade musik. Pertama kali dirilis oleh SEGA pada tanggal 16 Juli 2015. Saat ini versi CHUNITHM paling baru, yaitu CHUNITHM LUMINOUS hanya tersedia di Jepang. Sementara yang berada di Indonesia merupakan versi dibawahnya, yaitu CHUNITHM SUN PLUS, yang masuk pada tanggal 16 September 2023.

CHUNITHM SUN PLUS

Terdapat beberapa komponen utama dalam CHUNITHM, mulai dari layar, touch sensor, dan motion sensor. Layar di dalam CHUNITHM berfungsi untuk menampilkan infomasi yang diperlukan. Sementara itu, Touch sensor atau sensor sentuh merupakan tempat di mana pemain dapat menyentuh permukaannya untuk memberikan input kepada mesin. Terakhir, terdapat juga motion sensor yang membuat CHUNITHM unik dibandingkan dengan permainan rhythm lainnya, karena pemain diharuskan untuk menggerakkan tangan ke atas, ke bawah, maupun membiarkannya di udara.

Motion sensor pada CHUNITHM

Cara bermain CHUNITHM sebenarnya cukup mudah. Jika kalian pernah bermain Project Sekai Colorful Stage atau Arcaeasebelumnya, dapat dikatakan cara bermainnya cukup mirip. Hanya saja terdapat beberapa unsur yang ditambahkan ke dalam CHUNITHM. Pertama terdapat tap, yaitu menekan note yang turun. Hold dan slide dapat dikatakan mirip, yaitu menekan note sampai garis akhir. Terakhir terdapat air note, di mana pemain harus mengangkat tangan ke atas saat note ditekan. Sebenarnya masih terdapat beberapa jenis note yang belum dijelaskan. Teman-teman dapat mempelajarinya seiring berjalannya waktu, saat kalian sudah lebih jago dalam bermain.

Dalam CHUNITHM tersedia banyak sekali jenis lagu, mulai dari: pops and anime, nico-nico, touhou project, variety, lagu orisinil dari CHUNITHM itu sendiri, dan masih banyak lagi. Terdapat 4 tingkat kesulitan yang dapat teman-teman pilih, seperti basic, advance, expert, dan master. Semakin tinggi tingkat kesulitannya, tentu permainan akan berjalan semakin sulit.

Pilihan tingkat kesulitan pada ARCAEA

Ada banyak colaborasi yang telah dilakukan oleh CHUNITHM agar pemain tidak cepat bosan. Misalnya, kolaborasi dengan Arcaeauntuk menambah lagu, karakter, maupun in-game item lainnya. Terdapat juga kolaborasi dengan permainan rhythm lainnya, seperti Maimai DX, Project Sekai Colorful Stage, dan Project Diva. Tidak hanya itu saja, beberapa produser lagu terkenal juga pernah berkolaborasi dengan CHUNITHM, seperti t+pazolite, HARDCORE TANO*C, USAO, Gram, dan masih banyak lagi.

Beberapa kolaborasi dengan CHUNITHM

Pengalaman bermain CHUNITHM dapat dikatakan sangat menyenangkan. Apalagi suara saat mengenai note yang sangat memuaskan. Penulis juga menyarankan agar kalian bermain dengan teman kalian. Selain lebih menyenangkan kalian juga bisa saling beradu untuk memperoleh skor tertinggi. Tidak hanya itu, bermain bersama teman juga akan menambah lagu yang dapat dimainkan, dari tiga lagu menjadi empat lagu.

Saat ini CHUNITHM hanya terdapat di Cow Play Cow Moo di Carstensz Mall Tangerang. Teman-teman dapat langsung menuju ke sana untuk bermain ya! Jangan lupa untuk membawa kartu Aime dan sarung tangan. Kartu Aime dapat digunakan untuk menyimpan proges permainan dan kalian dapat membelinya di konter Cow Play Cow Moo dengan harga sekitar Rp125.000,00. Sebagai informasi tambahan, kartu Aime yang baru digunakan pada mesin CHUNITHM akan mendapatkan satu lagu gratis untuk dimainkan. Sedangkan sarung tangan agar tangan kalian menjadi lebih licin dalam menekan touch sensor.

Kartu Aime

Bagaimana teman-teman? Tertarik untuk mencoba CHUNITHM? Yuk, kunjungi Cow Play Cow Moo ya! Selamat menikmati permainan dan adios!!!

Penulis: Iceblizt

Editor: Kamarel

Sumber:

Chunithm Wikipedia

Chunithm SEGA