Peringatan Spoiler! Bagi yang belum ingin terpapar spoiler, mohon beralih ke artikel lain!

Halo Mina-san, kali ini aku nge-review film animasi baru dari Wit Studio danCloverWorks. Sebagai edisi terbaru dari franchise Spy x Family, serial anime ini akhirnya menghiasi layar perak dengan judul Spy x Family Code: White. Apakah film ini menangkap keajaiban serial ini sekaligus memberikan pengalaman sinematik yang memuaskan? Mari kita pecahkan kodenya! Spy x Family Code: White sudah tayang di Jepang sejak 22 Desember 2023 dan dirilis di Indonesia pada tanggal 7 Februari 2024, memberikan pengalaman sinematik yang mendebarkan yang memikat para penggemar lama dan pendatang baru. Disutradarai oleh Takashi Katagiri dengan durasi film 1 jam 50 menit, ini merupakan kesempatan yang menarik bagi para penggemar serial manga dan anime aslinya.

Film ini membawa kita pada petualangan keluarga Forgers yang unik dengan Loid, seorang mata-mata, Yor, seorang pembunuh, dan putri angkat mereka Anya, seorang Esper atau manusia dengan kemampuan psikis. Setelah menerima perintah untuk digantikan dalam Operasi Strix, Loid memutuskan untuk membantu Anya memenangkan kompetisi memasak di Eden Academy dengan membuat makanan favorit kepala sekolah untuk mencegah penggantinya. Mereka melakukan perjalanan ke daerah asal sebuah makanan untuk membantu Anya memenangkan kompetisi tersebut.  Layaknya cerita Spy x Family lainnya, misi ini dengan cepat berkembang menjadi serangkaian peristiwa yang berpotensi membahayakan perdamaian dunia.

Film ini dikemas dengan skenario yang ditulis oleh Ichirō Ōkouchi dan Ito, yang menghadirkan perpaduan khas serial ini, yaitu aksi, komedi, dan drama.  Anya seperti biasa adalah dirinya yang khas, interpretasi dari seorang anak kecil yang dapat membaca pikiran orang lain tetapi kesulitan memahami apa yang dia temukan di sana.  Di sisi lain, Yor memiliki kepribadiannya yang kontras, sebagai anggota keluarga yang paling polos sekaligus paling jagoan. Sementara itu, Loid terus berjuang melawan kenyataan bahwa ia telah mencintai keluarganya (meskipun ia tidak menyadarinya) dan tidak ingin melepaskannya, bahkan demi misi.

Salah satu aspek yang paling mengesankan dari Spy x Family Code: White adalah kemampuannya untuk memperkenalkan skenario baru yang menghibur sambil tetap setia pada elemen-elemen yang membuat serial aslinya populer, seperti memberikan Yor salah satu adegan pertarungan yang paling keren dan koreografi terbaik yang pernah penulis lihat selama ini. Tak lupa juga perubahan gaya animasi diluar dugaan saetelah Anya ditangkap dan menahan “panggilan alam”. Dari semua hal positif yang ada, film ini tidak lepas dari kelemahannya. Seperti pada tokoh antagonis yang kurang berkesannya. Tokoh tersebut serasa cliché dan seperti dikutip dari buku panduan untuk menjadi penjahat. Dengan konteks seperti itu, karakter tersebut mudah terlupakan dan tidak meninggalkan bekas mendalam bagi penonton. Meskipun begitu, kelemahan ini tidak mempengaruhi keseluruhan cerita Spy x Family karena film ini adalah sebuah karya orisinal yang tidak ada di dalam manga-nya.

Film ini telah menerima rating 7,5 di IMDb, mendapat tanggapan positif dengan perpaduan adegan aksi yang intens dan momen-momen ringan yang membuat penonton tetap terlibat sepanjang film. Secara keseluruhan, Spy x Family Code: White wajib ditonton oleh para penggemar serial aslinya dan juga para pendatang baru. Dan Adapun pesan moral yang tersampaikan, bahwa komunikasi adalah kunci dalam setiap hubungan mau itu keluarga, sahabat, hingga kekasih tersayang.

Writer: Immortal

Editor: Mizuki

Source:

https://www.imdb.com/title/tt26684398/

https://www.rottentomatoes.com/tv/spy_x_family