Halo mina-san, kembali lagi dengan artikel Comic Frontier 18 (Comifuro 18). Comifuro 18 berlanjut ke day 2 yang tentunya tidak kalah serunya dengan day 1! Day 2 tidak hanya menghadirkan berbagai hal baru, tetapi juga memiliki jadwal yang lebih padat di area main stage. Tanpa berlama-lama, mari kita simak keseruan Comifuro 18 Day 2!

Melanjutkan kemeriahan Comifuro day 1, day 2 berhasil mempertahankan konsistensi dan kelancaran acara dari awal pembukaan hingga akhir penutupan. Antrian masuk terpantau lebih lancar dan lebih terorganisir dibandingkan hari pertama. Para pengunjung dapat dengan nyaman mengantri hingga pintu masuk hall dibuka dan tentunya, hal ini berkat para staff Comifuro yang bekerja dengan profesional.

Ketika pintu masuk terbuka, para pengunjung langsung menyerbu booth–booth yang ada di area marketplace. Sama seperti day 1, area marketplace mencakup hall 8 hingga hall 10 dan menghadirkan berbagai hal seperti circle booth, community booth, dan corporate booth. Para pengunjung dengan antusias meramaikan booth–booth untuk mencari merchandise, gacha, lomba, dan masih banyak lainnya. Uniknya lagi, tidak hanya warga Indonesia saja yang membuka booth, tetapi ada juga warga internasional yang datang untuk membuka booth di Comifuro 18.

Acara utama yang paling diantisipasi para pengunjung Comifuro 18 terdapat di main stage. Terdapat tujuh acara yang berlangsung di main stage, dimulai dari pukul 11:30 WIB hingga 19:00 WIB. Acara pertama dimulai dengan pembahasan kolaborasi budaya lokal dalam komik yang kemudian dilanjutkan dengan anime screening Yoru no Kurage wa Oyogenai oleh Muse Indonesia sebelum istirahat makan siang. Kembali lagi pada pukul 14:00 WIB, Bushiroad hadir untuk mengadakan sesi bermain Cardfight!! Vanguard dengan Aina Aiba, Yuka Nishio, dan Ignideus. Selanjutnya merupakan yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar Virtual Youtuber, yaitu hololive Meet dengan Ayunda Risu dan Pavolia Reine, Maha5 Stage Show dengan Andi x Ririsu, Chibi Alia, dan Hera x Daisy, dan JKT48V Stage Show dengan Kanaia Asa, Tana Nona, dan Pia Maraleo. Semuanya berlangsung berurutan selama satu jam dari pukul 15:00 WIB hingga 18:00 WIB. Setelah itu, grup vokal ROKUROKUROKU hadir untuk memeriahkan stage pada pukul 18:00 WIB hingga 18:30 WIB, yang kemudian ditutup oleh keseruan pesta dengan DJ Otagroove hingga pukul 19:00 WIB. Pesta DJ tersebut menjadi pertunjukkan penutup yang tampil di main stage sebelum penutupan acara.

Tidak kalah menarik dengan acara di main stage, Comifuro 18 juga menghadirkan berbagai kegiatan seru di activity stage yang terdapat di hall 10. Mulai dari Utattemita Free Karaoke Session yang berlangsung dari pukul 10:00 WIB hingga 12:00 WIB, DJ Open Deck Session dari pukul 13:00 WIB hingga 14:30 WIB, dan Coswalk party yang dibawakan oleh Otagroove hingga pukul 15:30 WIB. Dilanjutkan dengan Odottemita Session oleh Odojoget Project yang dapat disaksikan oleh para pengunjung dari pukul 15:30 WIB hingga 16:30 WIB. Lanjut dengan pertunjukkan organ tunggal oleh D3 Entertainment pada pukul 17:00 WIB hingga 17:30 WIB yang sekaligus menjadi kegiatan terakhir di activity stage Comifuro 18 day 2.

Sama seperti hari pertama, Comifuro 18 menghadirkan Panel Discussion di Workshop & Discussion Room yang terletak di hall 7. Di hari kedua, panelist Rizki Maulana Anindita membawakan topik “Waifu: Antara Cinta dan Konsumsi” pada pukul 11:30 WIB, panelist Ciara Saarim yang membawakan topik “Mengulik Sistem Sosial dalam Semesta Gender Paralel Secara Sosiologis” pada pukul 13:00 WIB, dan terakhir panelist Cosvolution feat Asmo Zenith yang membawakan topik “Kiat dan Cara Untuk Perform Cosplay” pada pukul 15:00 WIB.

Bagaimana mina-san? Apakah hari kedua Comifuro 18 sama serunya dengan hari pertama atau mungkin lebih seru? Sama atau tidak, Comifuro 18 tentunya akan sangat berkesan karena berhasil menjadi event yang sangat seru. Oh, iya! Bagi kalian yang sempat mengunjungi booth Nippon Club di hari pertama ataupun hari kedua, kalian boleh berbagi pengalaman kalian di Instagram Story dan tag akun Nippon Club (@nipponclub_). Itu saja artikel hari kedua Comifuro 18, sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terima kasih sudah membaca. Otsu!


Author: Portu

Editor: Riri