Halo mina-san semua, semoga kalian semua sehat dan baik-baik saja ya. Tidak terasa sudah enam bulan berlalu di tahun 2024 dan banyak acara besar yang sudah dilaksanakan, misalnya saja Comifuro, Anime Festival Asia, dan masih banyak lagi. Untuk menambahkan daftar kegiatan di 2024, Impactnation kembali hadir lagi di bulan Juli ini loh. Impactnation sudah memberikan teaser dan event-event tambahan untuk menyemangati hari-H nanti sejak beberapa bulan yang lalu. Sama seperti tahun lalu, Nippon Club kembali hadir di salah satu event teaser Impactnation bulan Juni yang lalu dan akan hadir lagi di hari-H main event juga tanggal 20 Juli. Kira-kira apa saja sih yang dilakukan Nippon Club di Impactnation? Simaklah di artikel berikut ini!

Bagi mina-san yang belum tahu, Impactnation Japan Festival adalah event kebudayaan Jepang tahunan yang menggabungkan budaya tradisional, seperti kabaret samurai, taiko, dan yosakoi, serta modern, seperti pop idol, anime, games, dan lainnya. Impactnation kembali hadir di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta dari tanggal 20-21 Juli ini. Di tahun ini juga, Nippon Club bekerja sama dengan pihak Impactnation untuk kembali menghadirkan acara Japanese Song Karaoke Contest dengan nama Natsu no Koe: Encore! (夏の声: ENCORE!). Tema tahun ini masih menyambung dengan tema musim panas tahun lalu, yaitu Hanabi Matsuri atau festival kembang api yang sering sekali ditemukan saat musim panas di Jepang.

Nippon Club mengambil partisipasi di salah satu pra-event milik Impactnation yang berlokasi di Harmonie Exchange, Jakarta pada tanggal 23 Juni 2024 kemarin dengan mengadakan sebuah Japanese Song Karaoke Contest. Peserta dapat mendaftar secara individu maupun grup untuk menampilkan performance mereka di hadapan para juri yang bertalenta. Pra-event ini menyeleksi sepuluh orang finalis yang akan mendapatkan free entry ke dalam Impactnation dan tampil lagi di atas stage Nagoya pada tanggal 20 Juli. Dari sepuluh finalis tersebut, akan dipilih tiga pemenang utama Natsu no Koe dan mendapatkan hadiah yang tentunya menarik.

Acara pra-event Japanese Song Karaoke Contest membuka pendaftaran secara online dan on the spot di venue. Sebanyak 34 peserta mendaftar secara online dan dua peserta mendaftar secara on the spot. Kontes tahun ini membebaskan para peserta untuk mengambil tema lagu apapun, tetapi harus yang berbahasa Jepang. Tanpa batasan terhadap tema, para peserta membawakan banyak lagu yang beragam, dimulai dari lagu nostalgic seperti “Hikaru Nara (光るなら)” - Goose House, “Hikari Are (ヒカリアレ)” - Burnout Syndromes, dan “We Are!” - Hiroshi Kitadani. Ada juga lagu-lagu iconic yang baru-baru ini keluar, seperti “Backlight (逆光)” - Ado, “Dry Flower (優里)” - Yuuri, dan “Himawari no Yakusoku (ひまわりの約束)” - Motohiro Hata. Ada juga peserta yang menunjukkan sisi wota mereka dan membawakan lagu “Heavy Rotation (ヘビーローテーション)” - AKB48. Lagu-lagu kreasi komposer yang menggunakan vocaloid, misalnya “KING” - Kanaria dan “Aishite Aishite Aishite (愛して愛して愛して)” - Kikuo, juga dibawakan oleh beberapa peserta. Ada pula satu peserta yang membawakan lagu “Let It Go” dari film Frozen yang sudah diterjemahkan menjadi Bahasa Jepang dan berjudul “Ari No Mama De (ありのままで)” - May J. & Takako Matsu.

Para peserta dan para penonton pun ikut menyambut dan mendukung penampilan-penampilan dari performer lainnya saat mereka sedang menunggu giliran ataupun beristirahat. Suasana di venue pun sangat seru dan meriah. Meskipun begitu, perlu diingat kalau hanya sepuluh peserta saja yang bisa masuk ke babak final dan diseleksi lagi saat tampil di main event Impactnation tanggal 20 Juli nanti. Tak usah berlama-lama lagi, selamat kepada sepuluh finalis kami di Natsu no Koe: Encore!:

  1. Barbie Sui
  2. VALDA
  3. Ersa
  4. Nerissa
  5. Ayu
  6. Fito Karu
  7. Nadia-chan
  8. RAVEN
  9. Harkette-san
  10. Seigi

Itulah kegiatan pra-event Impactnation dengan Nippon Club Natsu no Koe: Encore! yang diadakan tanggal 23 Juni 2024 kemarin. Sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada finalis yang akan hadir nanti di atas stage Nagoya tanggal 20 Juli depan. Mina-san dapat mendukung para finalis dan ikut memeriahkan acara final Natsu no Koe: Encore! saat berkunjung di Impactnation nanti. Dengan ini, kami ucapkan sampai bertemu nanti di Impactnation Japan Festival dan mari buat kenangan musim panas bersama Nippon Club!

Writer: Mizuki

Editor: YuiShiromayu