Konnichiwa, mina-san! Setengah tahun 2024 sudah lewat dan dalam setengah tahun itu sudah banyak event-event Jejepangan dan komunitas yang diadakan, seperti Comifuro, Anime Festival Asia, Indonesia Anime Convention, dan masih banyak lagi. Memasuki bulan ketujuh nih, mari kita tambahkan lagi satu event tahunan yang rangkapnya sangat besar, yaitu Impactnation Japan Festival! Ayo, kita bahas lebih lanjut apa yang akan dihadirkan oleh Impactnation di tahun ini.

Pertama-tama, Impactnation itu apa sih? Impactnation Japan Festival adalah event kebudayaan Jepang tahunan yang diadakan oleh Barcode Event Organizer. Di Impactnation, tak hanya budaya tradisional seperti kabaret samurai, taiko, dan yosakoi yang bisa ditampilkan, tetapi budaya modern seperti pop idol, anime, games, dan lainnya bisa juga ditemukan disini. Sama seperti tahun kemarin, Impactnation akan diadakan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

Untuk tahun ini juga, Nippon Club menjalin kerja sama dengan pihak Impactnation. Nippon Club akan hadir di stage Nagoya pada tanggal 20 Juli untuk mengadakan Japanese Song Karaoke Contest, lanjutan dari pra-event pada tanggal 23 Juni yang lalu. Tidak hanya itu, Nippon Club juga mendapatkan kode promo potongan harga sebagai salah satu bentuk kerja sama tersebut. Kode ini bisa digunakan ketika ingin membeli tiket masuk ke Impactnation secara online jenis apapun.

Sama seperti tahun lalu, Impactnation membagi area venue menjadi tiga bagian: Tokyo, Kyoto, dan Nagoya, sesuai dengan nama-nama kota di Jepang. Area Kyoto dan area Nagoya adalah area matsuri atau festival yang bisa dikunjungi oleh pengunjung yang membeli tiket matsuri. Kedua area ini mempunyai stage masing-masing dimana serangkaian acara akan diadakan diatasnya. Nippon Club juga akan mengadakan acara Natsu no Koe: Encore! berupa Japanese Song Karaoke Contest, booth merchandise, dan booth repair and make up cosplay di area Nagoya.

Saat berada di venue, pengunjung dapat menemukan berbagai macam booth, mulai dari merchandise, komunitas, games, makanan, dan lainnya yang bisa dinikmati dan dirasakan secara langsung. Acara-acara seperti coswalk competition, performance artist, idol group dan juga band juga bisa ditemukan di atas stage Nagoya dan Kyoto. Untuk memeriahkan event tahun ini dari tahun sebelumnya, Impactnation menghadirkan banyak artis dan ikon-ikon terkenal di kebudayaan Jepang, seperti AKB48, JASPĘR, Ryoji Takarabe, dan masih banyak lagi.

Rundown Impactnation Day 1

Area terakhir adalah area Tokyo yang dijadikan sebagai area konser dan memerlukan jenis tiket yang berbeda dari matsuri. Tahun lalu, Impactnation menghadirkan lineup yang meriah di permusikan Jepang, seperti Yama, KANA BOON, dan Burnout Syndromes sebagai contoh. Tahun ini pun, Impactnation kembali menghadirkan enam artis dan grup band yang tidak kalah terkenal dari Jepang, yaitu Rokudenashi, Soushi Sakiyama, Centimilimental, Ai Higuchi, Daoko, dan Nobodyknows+.

Rundown Impactnation Day 2

Bagaimana? Apakah kalian semua menjadi tertarik dan tidak sabar untuk Impactnation? Bagi kalian yang ingin ikut merasakan hype dari event ini, kalian bisa membeli tiket matsuri langsung di venue pada tanggal 20 Juli 2024. Kalian juga bisa mengunjungi Instagram Impactnation (@impactnation.japanfest) untuk informasi lebih lanjut. Jangan terlewat untuk keseruan Impactnation tanggal 20 dan 21 Juli nanti ya! See you all Minna!

Writer: Mizuki

Editor: Ravioli

Source: Impactnation Japan Festival