Konnichiwa Mina-san! Apakah kalian semua pernah mendengar tentang BPTI? Balai Pengembangan Talenta Indonesia atau BPTI adalah sebuah lembaga yang didirikan sesuai dengan peraturan Menteri Permendikbudristek Nomor 27/2021. BPTI membantu Pusat Prestasi Nasional dalam melaksanakan tugas pengembangan prestasi talenta dari peserta didik. Tugas ini merupakan bagian amanat pelaksanaan program yang mendukung implementasi kebijakan Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang dikoordinasikan oleh Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). Untuk menemukan peserta didik dari berbagai universitas, diadakan sebuah lomba seleksi, yaitu Pra-BPTI.

Kami, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Nippon Club dari Universitas Bina Nusantara telah mengadakan lomba gambar NI-PO-N! Artcade untuk bidang seni dan budaya bagi Pra-BPTI. Lomba NI-PO-N! Artcade adalah lomba gambar digital yang diadakan oleh kami dengan tema arcade, yaitu game-game yang dimainkan dengan menggunakan koin untuk dimulai. Peserta yang berasal dari BINUS dapat memilih agar karyanya dapat dinilai untuk lomba Pra-BPTI atau tidak. Jika mereka bersedia untuk ikut di Pra-BPTI dan menjadi pemenang di NI-PO-N! Artcade, maka secara otomatis mereka sah untuk ikut di BPTI nantinya. Bagi peserta yang berasal dari BINUS, memilih untuk ikut Pra-BPTI, tetapi tidak menjadi pemenang pada lomba NI-PO-N! Artcade, mereka akan mendapat pertimbangan penilaian apakah bisa lolos di Pra-BPTI atau tidak.

Untuk penilaian karya dari para peserta, kami menyediakan tiga orang juri yang pandai dan ahli di dunia gambar digital. Juri pertama adalah Kak Tsudais, seorang ilustrator dengan karya yang banyak menggunakan warna lembut dan pastel. Juri kedua adalah Kak Auwi, seorang ilustrator dan Virtual Youtuber yang suka melakukan livestream menggambar di akun YouTube-nya. Juri terakhir adalah Kak Devi Hendita, ilustrator yang tergabung dalam circle yang sering ikut serta di event besar budaya Jepang. Berikut ini adalah ketiga pemenang yang lolos untuk berpartisipasi di ajang BPTI:

Juara 1 Pra-BPTI


Juara 2 Pra-BPTI


Juara 3 Pra-BPTI

Kami ucapkan selamat kepada Vanessa, Yunaldo, dan Lazuardi yang telah memenangkan lomba Pra-BPTI ini dan memperoleh hadiah dari prize pool sebesar Rp. 450.000,00. Peserta yang tidak terpilih sebagai pemenang tetap akan mendapatkan sertifikat elektronik dari Nippon Club sebagai bentuk apresiasi telah berpartisipasi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah berpartisipasi dalam lomba ini. Ikuti terus Instagram kami di @nipponclub_ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai lomba-lomba dan acara menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Writer: Mizuki

Editor: Riri

Source:

Instagram Nippon Club