Mina-san! Bagaimana summer holiday kalian? Semoga liburan kalian dipenuhi dengan kebahagiaan dan keseruan musim panas. Pada musim panas ini, Nippon Club baru saja melaksanakan event Impactnation. Impactnation merupakan salah satu gelar budaya Jejepangan yang dilaksanakan di Indonesia setiap tahunnya, dan biasanya event ini menampilkan berbagai kekayaan budaya pop Jepang yang pastinya akan menarik para wibu Indonesia yang menyukai anime, manga, games, hingga budaya Jepang secara umumnya. Tahun ini, Impactnation kembali dilaksanakan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta pada tanggal 20-21 Juli 2024. Penasaran dengan keseruan Impactnation?  Yuk simak artikel berikut ini!

Impactnation tahun ini mirip dengan tahun lalu, memiliki pembagian area sesuai dengan nama kota di Jepang. Venue Impactnation terbagi menjadi Yokohama, Kyoto, Sapporo, Nagoya, dan Tokyo area. Setiap area juga menyediakan pengalaman yang berbeda-beda dan tentunya menarik. Pengunjung dapat menikmati banyak sekali keseruan performanceseperti idol performance, coswalk, music performance, dan dance performance pada area Kyoto, Tokyo, dan Nagoya yang tentunya menawarkan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung. Selain itu, banyak booth yang tersebar di seluruh area venue yang  menawarkan merchandise, komunitas, games, makanan, dan masih banyak lagi sehingga pengunjung mendapatkan pengalaman yang menarik selama nge-event di Impactnation.

Layout Denah Venue Impacnation

Area Kyoto merupakan salah satu area yang memiliki stage performance outdooryang juga  menawarkan booth merchandise dan makanan. Tentunya, banyak pengalaman menarik termasuk performance-performancemusik, dance, cosplay, hingga talent show yang menampilkan kultur Jepang baik tradisional dan modern. Area ini juga menghadirkan artis-artis dan band Indonesia dan Jepang seperti AKB48, Twenty Nine Teens, Hiro Umeda, Aichong, Ryoji Takarabe, Hira Dazzle, DDM+, dan masih banyak lagi. Selain itu, Nippon Club juga mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai Nanako, seorang aktris sekaligus influencer asal Jepang yang menjadi Master of Ceremony di panggung Kyoto. Ia memiliki ketertarikan dengan budaya Indonesia, termasuk budaya orang Indonesia yang ramah serta makanan Indonesia. Selain itu, ia pernah belajar bahasa Indonesia secara mandiri selama enam bulan sehingga dapat sedikit berbahasa Indonesia.

Interview dengan Nanako

Selanjutnya, Area Sapporo menawarkan berbagai fan merchandise yang merupakan hasil karya dari artist-artistitu sendiri. Area ini bersifat indoorsehingga pengunjung dapat memasuki ruangan yang dipenuhi oleh pameran fanmerch para artist. Pengunjung dapat berburu merchandise di area ini karena banyak sekali merchandise-merchandise menarik yang ditawarkan.

Tidak kalah menariknya dengan area-area lain, area Nagoya menyediakan area semi indoor dan outdoor untuk booth-booth di area indoor dan outdoor untuk panggung, dimana ada performance-performance menarik dari berbagai band atau solois yang mempersembahkan pertunjukan musik dan tarian. Nagoya juga untuk booth-boothkomunitas, merchandise, cosplay, hingga konsumsi. Nippon Club yang bekerja sama dengan Impactnation juga membuka community booth di area ini dan menawarkan merchandise, jasa makeup, dan reparasi perlengkapan cosplay.

Booth Merchandise Nippon Club

Sebelumnya, Japanese Song Karaoke Contest sudah dilakukan oleh sebanyak 37 peserta pada pre-event Impactnation, dimana ditentukan sepuluh pemenang yang akan mengikuti babak final di hari pertama Impactnation. Kami, Nippon Club yang telah bekerja sama dengan pihak Impactnation juga mengadakan Japanese Song Karaoke Contest yaitu Natsu no Koe, dimana sepuluh peserta finalis tersebut akan tampil dalam babak final lomba Japanese Song Karaoke, Natsu no Koe untuk menentukan tiga orang pemenang. Sepuluh finalis yang tampil adalah Barbie Sui, VALDA, Ersa, Nerissa, Ayu, Fito Karu, Nadia, Raven, Harkate-San, dan Seigi.

Dari sepuluh finalis yang telah menampilkan performance mereka, akan dipilih tiga orang pemenang yang ditentukan oleh juri-juri Natsu no Koe yaitu Sergie Vergio, Hiro Umeda, dan Florentina Klarissa. Posisi ketiga ditempati oleh Harkate-San yang menyanyikan lagu “Mirai E” - Kiroro yang bertemakan rock. Untuk posisi kedua, dimenangkan oleh Raven yang menyanyikan lagu “Kiss of Death” - Mika Nakashima, yang merupakan lagu opening anime Darling in the FranXX. Ultimate champion-nya, juara pertama Natsu no Koe dimenangkan oleh VALDA yang menyanyikan lagu “Ai no Katachi” oleh Misia.

Foto bersama peserta, MC, dan juri Natsu no Koe

Last but not least, area Tokyo merupakan area utama yang merupakan venue konser dan meet and greet dengan para artis terkenal Jepang. Pengunjung dapat menyaksikan performance dari tiga artis Jepang pada hari pertama Impactnation. Performance diawali oleh Rokudenashi yang tampil pada pukul 16:00 hingga 17:00. Kalian pasti tidak asing dengan nama Rokudenashi karena salah satu lagunya, “Tada koe Hitotsu” merupakan OST dari anime yang sangat terkenal, yaitu Kimi no Nawa. Selanjutnya, performance Soushi Sakiyama pada pukul 17:30 - 18:30. Seperti Rokudenashi, Soushi Sakiyama merupakan penyanyi lagu penutup season kedua dari anime Jujutsu Kaisen yaitu “Akari”. Setelah itu, performance Centimilimental dimulai dari pukul 19:00 hingga 20:00 menjadi penutup dari konser malam di area Tokyo Impactnation.

Demikianlah liputan pengalaman dan acara yang menarik pada hari pertama Impactnation Japan Festival 2024. Impactnation tahun ini tentunya sangat meriah dan penuh dengan keseruan seperti tahun-tahun lalunya. Jika kalian menikmati hari pertama Impactnation, jangan lupa untuk melihat liputan hari kedua dari Impactnation. See you in the next article!

Writer : YuiShiromayu
Editor : Mizuki

Reference :

Instagram Impactnation Japan Fest