Konnichiwa, Mina-san, semoga kalian semua sedang menjalani hari yang baik-baik saja. Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Bina Nusantara yang tergolong ke UKM pendidikan, Nippon Club tentu mempunyai aspek edukasi bagi para anggotanya. Bagi para anggota Nippon Club yang belum tahu, kalian bisa mendaftar ke kelas-kelas yang diadakan oleh kepengurusan Nippon Club lho. Kira-kira apa saja kelas yang diadakan oleh Nippon Club dan apa pengalaman di dalamnya? Simaklah di artikel berikut ini!

Kepengurusan Nippon Club divisi edukasi menyediakan kelas-kelas pembelajaran yang berhubungan dengan budaya Jepang. Setiap kelas mempunyai delapan sesi secara keseluruhan, dengan tujuh sesi pertama sebagai kelas belajar oleh para sensei yang terampil dan sesi terakhir digunakan untuk ujian. Satu sesi mempunyai durasi selama 90 menit dan diadakan sekali setiap satu minggu. Para murid akan mendapatkan ilmu dari kelas yang diikuti, sertifikat kelulusan kelas, poin Student Activity Transcript (SAT), dan networking sesama anggota maupun dengan kepengurusan Nippon Club. Kelas yang disediakan oleh Nippon Club adalah kelas Bahasa Jepang, digital drawing, membuat manga, dan kelas cosplay.

Kelas bahasa Jepang adalah kelas untuk belajar bahasa Jepang mirip seperti pembelajaran untuk Japanese-Language Proficiency Test (JLPT). Kelas ini mempunyai tiga tingkatan yang semakin sulit seiring angkanya bertambah, yaitu dasar 0, dasar 1, dan dasar 2. Tingkat dasar 0 adalah pembelajaran bahasa yang paling dasar dan sesuai bagi pemula. Tingkat dasar 1 adalah kelas yang mirip dengan tingkat N5 dari JLPT dan cocok untuk kalian yang sudah bisa mengerti bahasa Jepang dan penggunaannya dalam kasus sehari-hari. Tingkat dasar 2 adalah kelas yang setara dengan tingkat N4 milik JLPT dan cocok bagi kalian yang sudah fasih dalam bahasa Jepang dan bisa menuliskan kanji.

Kelas digital drawing atau digidraw adalah kelas menggambar secara digital yang akan mengajarkan kalian untuk membuat karya-karya berkhas jejepangan. Kalian tidak perlu mempunyai pengalaman menggambar yang baik, karena kelas ini akan mengajarkan caranya dimulai dari teknik-teknik yang sangat dasar sampai ke yang sulit. Hal-hal yang bisa dipelajari di kelas ini mencakup menggambar secara dasar, anatomi pada makhluk hidup, penggambaran pose, shading, dan lainnya.

Kelas Manga adalah kelas yang mengajarkan para murid cara membuat manga, komik yang khas dari Jepang. Para murid di kelas ini akan mempelajari aspek yang membuat sebuah manga, seperti panelling, kotak-kotak pemisah pada manga yang membantu dalam menunjukkan alur dan arahan jalannya manga. Ada juga character profile, yaitu pembelajaran tentang karakter kita yang akan dibuat di dalam manga, misalnya emosi, bentuk tubuh, dan lainnya agar bisa menyentuh pembaca manga.

Kelas terakhir yang diadakan oleh Nippon Club adalah kelas cosplay. Kelas ini akan mengajari cara-cara melakukan cosplay, seperti imitasi karakter anime atau manga yang disukai, belajar aspek dari kostum karakter tersebut (detail baju yang digunakan, aksesorisnya, dan properti cocok), dan wig (kualitas wig yang bagus, cara merawatnya, dll).

Untuk semester genap di tahun 2024, Nippon Club telah mengadakan dua buah kelas, yaitu kelas Bahasa Jepang dan digidraw. Kedua kelas ini berlangsung dari tanggal 16 Mei 2024 - 29 Juni 2024 dengan total tujuh sesi pembelajaran dan satu sesi ujian untuk kelas Bahasa Jepang dan project untuk kelas digidraw. Para murid di kelas digidraw akan menggunakan apa yang mereka sudah pelajari untuk membuat sebuah karya bagi project mereka. Salah satu contoh karya seorang murid bisa dilihat dibawah ini:

Itulah pengalaman kelas belajar yang diadakan oleh Nippon Club! Mina-san, apakah kalian tertarik ingin bergabung dengan salah satu kelas yang kami adakan? Jangan khawatir, karena pendaftaran untuk kelas-kelas yang sudah disebutkan di atas akan dibuka kembali saat memasuki semester baru. Kalian hanya perlu membayar Rp. 130.000,00 untuk mendaftar satu kelas dan akan berjalan selama satu semester. Jangan ketinggalan ya mina-san dan ayo ikut belajar bersama Nippon Club.

Writer: Mizuki

Editor: Riri