Selamat Jalan Sayuri, Perjalanan Musik Sayuri sang Musisi Terkenal.

Dunia musik Jepang berduka dengan kabar meninggalnya Sayuri, seorang penyanyi yang dikenal karena lagu-lagunya yang menghiasi berbagai anime populer. Sayuri menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 20 September 2024, namun berita duka ini baru diumumkan seminggu kemudian oleh suaminya, Ama Arashi, pada tanggal 27 September 2024.

Sebelum memulai perjalanan karier musiknya, Sayuri terinspirasi oleh Kanjani Eight, sebuah band yang memotivasinya mulai memainkan gitar. Ketika berada di SMP tahun kedua, Sayuri mulai menyusun musik karena bercita-cita menjadi penulis lagu untuk Kanjani Eight.

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA, Sayuri bergabung dengan duo akustik yang bernama LONGTAL di Fukuoka. Di LONGTAL, Sayuri mulai tampil di jalanan dan venue di beberapa kota seperti Hiroshima, Osaka, dan Nagoya. Pada tahun 2012, Sayuri meraih penghargaan Grand Prix di final Music Revolution ke-5, sebuah kompetisi musik yang disponsori oleh Yamaha Music. Hal ini menjadi alasannya untuk menjadi artis indie dengan nama Sanketsu Shōjo Sayuri (酸欠少女さユり), yang merupakan simbol dari dirinya sebagai penyanyi dan penulis lagu 2.5 dimensi.

Pada tahun 2013, Sayuri pindah ke Tokyo dan mengadakan konser solo pertamanya pada Maret 2015 di Tsutaya O-East. Sayuri melakukan debut mayor di umur 18 tahun dengan mengisi lagu penutup untuk anime Rampo Kitan: Game of Laplace. Berlanjut ke tahun 2016, Sayuri merilis single ke-4, “Furaregai Girl (フラレガイガール)“ dengan berkolaborasi bersama Yojiro Noda dari RADWIMPS. Kemudian di tahun 2017, Sayuri merilis single ke-5, “Parallel Line (平行線)” yang menjadi lagu penutup untuk anime Kuzu no Honkai. Setelah itu, Sayuri merilis album pertamanya pada tanggal 17 Maret 2017 yang berjudul “Mikazuki no Koukai (ミカヅキの航海)”. Untuk single ke-6, Sayuri merilis “Tsuki to Hanataba” pada tanggal 28 Februari 2018 yang menjadi lagu penutup untuk anime Fate/Extra Last Encore.

Pencapaian Sayuri tidak berhenti sampai di sana saja. Pada tanggal 25 Agustus 2019, Sayuri diumumkan menjadi pengisi lagu penutup untuk anime My Hero Academia yang berjudul “Koukai no Uta (航海の唄)”. Setelah itu, pada tahun 2022, Sayuri juga merilis lagu “Hana no Tou (花の塔)” yang menjadi lagu penutup untuk anime Lycoris Recoil. Sayuri juga pernah berkolaborasi dengan band My First Story dalam lagu "Reimei (レイメイ)", lagu pembuka kedua untuk anime Golden Kamuy yang dirilis pada tanggal 5 Desember 2018.

Pada tanggal 18 Maret 2024, Sayuri mengumumkan pernikahannya dengan Ama Arashi yang merupakan anggota unit musik Misekai. Beberapa bulan kemudian, Sayuri mengumumkan hiatusnya pada tanggal 25 Juli 2024 karena penyakit Disfonia Fungsional. Tidak lama setelahnya, pada tanggal 27 September 2024, Ama Arashi mengumumkan kabar duka bahwa Sayuri telah meninggal dunia di usia 28 tahun pada tanggal 20 September 2024 karena penyakit kronis. Kepergian Sayuri mengejutkan dunia musik Jepang dan juga internasional. Sayuri telah menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan berkenang bagi para penggemar di seluruh dunia. Selamat jalan Sayuri, may you rest in peace.

Writer : Portu
Editor : Mizuki

Source  : Twitter